Memulai Koneksi Ke Database

Setelah menginstal Oracle, membuat database dan membuat listener, selanjutnya untuk langkah awal administrasi kita akan memulai untuk koneksi ke database. Disini saya tidak akan menjelaskan secara panjang lebar karena nanti kalau kebanyakan teori kita akan semakin pusing.
  1. Pertama kita pastikan terlebih dahulu bahwa service database kita hidup, caranya tekan windows + r => lalu ketikan service.msc => lalu akan muncul form berikut => jika servisce database kita mati kita klik kanan, lalu start ( jika keadaan database kita hidup silahkan lewatkan langkah ini ).

    lalu kita tunggu hingga proses ini selesai jika telah selesai maka tandanya service database kita telah aktif.




  2. Lalu kita bukaC:\oracle\product\10.2.0\db_1\NETWORK\ADMIN => cari tnsnames ( untuk memastikan apakah service yang kita hidupkan tadi sudah kita buat tnsnames ("disini nama srvice saya latihan" )

    Jika tnsnamesnya belum dibuat silahkan dibuat dulu karena kita akan memakai tnsnames itu untuk mengakses database kita, untuk yang belum buat silahkan copy paste lalu sesuaikan dengan sevice name anda :

    LATIHANN =
      (DESCRIPTION =
        (ADDRESS = (PROTOCOL = TCP)(HOST = localhost)(PORT = 1521))
        (CONNECT_DATA =
          (SERVER = DEDICATED)
          (SERVICE_NAME = namaservicenameanda)
        )
      )


  3. Setelah memastikan semuanya telah aman dan lancar kita buka command prompt => masuk sebagai administrator


  4. Lalu kita coba masuk sebagai sys sqlplus system/passworddatabase@namatns ( disini karena password saya latihan dan tnsnames saya latihann maka saya masukan sqplus system/latihan@latihann ) => enter


  5. Jika seperti ini maka anda berhasil konek ke database

Nah sekian posting saya kali ini, saya hanya menjelaskan intinya agar lebih mudah dimengerti. Semoga postingan kali ini bermanfaat bagi anda semua, next akan kita bahas administrasi user pada postingan selanjutnya.
Previous
Next Post »