Membuat Database Oracle

Setelah pada postingan sebelumnya kita sudah membahas bagaimana caranya menginstal software database (RDBMS) oracle, maka pada postingan kali ini saya akan memberitahukan bagaimana caranya membuat database. Baik di Windows maupun Unix (Linux, Sun Solaris, IBM AIX, HP UX, dan lainlain) caranya sama saja. Membuat database, bisa dengan mamakai SQL script (via SQLPlus) ataupun GUI (wizard) yang disediakan Oracle. Di versi 8i, tool GUI tersebut adalah dbassist; sementara versi 9i ke atas adalah dbca. Tanpa berlama - lama mari kita mulai tahap membuat databasenya.
  1. kita buka klik kanan CMD -> pilih run as administrator

  2. Lalu setelah itu kita tuliskan dbca di cmd

  3. lalu akan muncul halaman dbca nya

  4. lalu ada pilihan seperti berikut kita pilih create database

  5. Lalu keluar database template kita pilih general purpose

  6. Lalu muncul form database idenfication, silahkan isi sesuai kebutuhan disini saya isi dengan nama "latihan"

  7. lalu akan muncul form database credential, masukan password sesuai kebutuhan anda disini saya memasukan passwordnya latihan

  8. Lalu akan muncul form storage option -> pilih file system

  9. Lalu akan muncul form database file location, disini saya memilih use common location for all database file -> browse saya pilih C:\oracle\product\10.2.0\oradata

  10. Lalu akan muncul form recovery configuration kita pilih defaultnya saja

  11. Berikutnya mucul form Database Content.Sample schema berisi schema-schema (berserta object: table, index, view, dll) contoh dari Oracle. Ini bermanfaat bagi yang sedang belajar. Selanjutnya klik tombol Next.

  12. Brikutnya muncul form inilization parameter. Untuk memori, saya memilih default, jika ingin diubah sesuai kebutuhan silahkan saja, selanjutnya klik tombol next.

  13. Berikutnya mucul form Database storage.

  14. Berikutnya mucul form Creation Option. pilih create database -> finish

  15. Berikutnya muncul form Confirmation. kita pilih ok saja

  16. lalu akan muncul instalation progress tunggu hingga selesai.
  17. Proses selesai

Sekian posting saya kali ini tentang membuat database di oracle pada postingan selanjutnya kita akan membahas tentang membuat Listener.

Previous
Next Post »