Variabel Di PHP Part 3


Setelah pada postingan sebelumnya kita sudah membahas cara penulisan, sifat variable,  dan cara memberikan nilai pada variable, pada kesempatan ini saya akan membahas tentang cara mendeklarasikan variable,  tipe variable PHP, predefined variable, dan cara menampilkan nilai variable.
Oke langsung kita mulai saja…..



  1. Deklarasi variable dalam PHP
    Pada versi PHP 4 kebawah pendeklarasian variable dimulai dengan var sebelum tanda $, sedangkan sekarang PHP versi 4 kebawah sudah mulai di tinggalkan, jadi variable dalam PHP tidak perlu di deklarasikan langsung saja ketik $namavariabel.
  2. Tipe Variabel
    Dalam kelompok bahasa pemograman, PHP termasuk Loosely Type Language, yaitu jenis bahasa pemograman yang variabelnya tidak terikat pada sebuah tipe tertentu.
    Hal ini berbeda jika dibandingkan dengan bahasa pemograman desktop seperti Pascal atau C, dimana jika anda membuat sebuah variabel bertipe integer, maka variabel itu hanya bisa menampung nilai angka, dan anda tidak akan bisa mengisinya dengan huruf.

    Di dalam PHP, setiap variabel bebas diisi dengan nilai apa saja, seperti contoh berikut:
    <?php
     $huruf_string = 'aditiya';
     $umur_integer = 13;
     $angka_float = 3.43;
    ?>
  3. Predefined Variable
    Predefined Variables
    atau terjemahan bebasnya Variabel Sistem PHP, adalah beberapa variabel yang telah didefenisikan secara sistem oleh PHP, dan kita sebaiknya tidak membuat variabel dengan nama yang sama.Beberapa contoh Predefined Variables dalam PHP adalah:

    $GLOBALS , $_SERVER , $_GET , $_POST , $_FILES , $_COOKIE , $_SESSION , $_REQUEST , $_ENV, $php_errormsg, $HTTP_RAW_POST_DATA, $http_response_header, $argc, $argv, $this.

    Daftar list Predefined Variables tersebut saya ambil dari manual PHP di http://www.php.net/reserved.variables, di dalam manual tersebut juga dijelaskan bahwa mungkin masih terdapat beberapa variabel sistem PHP selain list diatas, hal ini tergantung dengan jenis web server, versi PHP yang digunakan, dan beberapa faktor lainnya. Namun kebanyakan varibel sistem PHP menggunakan tanda $_ pada awal nama variabel, namun tidak selalu.
  4.  Menampilkan Nilai Variabel
    Untuk menampilkan nilai atau isi dari variabel, kita tinggal menampilkannya dengan perintah echo atau print, seperti berikut ini:
    <?php
    $nama='aditiya';
    $umur=17;

    echo $nama;
    print $umur;
    ?> 


    Oke sekian pembahasan kita tentang variable di PHP, pada postingan selanjutnya kita akan bahas masalah tipe data di PHP. Selamat belajar semoga sukses.
     




Previous
Next Post »