Variabel Di PHP Part 2

Halooooo bertemu lagi dengan saya pada malam yang dingin ini karena hujan turun sangat deras, pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan pembahasan penggunaan variabel di PHP. Jika pada sebelumnya kita hanya membahas masalah cara penulisan variabel sekarang kita akan membahas tentang sifat dari variabel dan cara memberikan nilai pada suatu variabel.


  1. Variabel dalam PHP bersifat Case sensitive
    PHP membedakan variabel yang ditulis dengan huruf besar dan kecil (bersifat case sensitif) , sehingga $belajar tidak sama dengan $Belajar dan $BELAJAR, ketiganya akan dianggap sebagai variabel yang berbeda.

    Untuk menghindari kesalahan program yang dikarenakan salah merujuk variabel, disarankan menggunakan huruf kecil untuk seluruh nama variabel.

  2. Cara Memberikan Nilai kepada Variabel
    Dalam bahasa pemogramman PHP untuk memberikan nilai pada suatu variabel kita menggunakan sama dengan (=). Operator ‘sama dengan‘ ini dikenal dengan istilah Assignment Operators.Perintah pemberian nilai kepada sebuah variabel disebut dengan assignment. Jika variabel tersebut belum pernah digunakan, dan langsung diberikan nilai awal, maka disebut juga dengan proses inisialisasi.
    Contoh cara memberikan nilai awal :

    <?php
     $nama = 'aditiya';
     $umur = 17;
    ?> 

Oke sekian untuk pembahasaan variabel kali ini kita lanjut nanti dengan postingan  Variabel di PHP part 3. Selamat mencoba.
Previous
Next Post »